Khasiat Kopi Pahit – Toko Pembuat Kopi Di Dukuhseti, Pati

Khasiat Kopi Pahit – Toko Pembuat Kopi Di Dukuhseti, Pati


Khasiat Kopi Pahit – Toko Pembuat Kopi Di Dukuhseti, Pati - Biar semakin banyak pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dari jenisnya, tempat penanamannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kalian semua telah tahu karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai wujud biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran nilainya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit – Toko Pembuat Kopi Di Dukuhseti, Pati


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di bermacam bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta resistan penyakit dan hama.

Adapun keunikan setidaknya mencolok yakni taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyediakan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi risalah di web Khasiat Kopi Pahit – Toko Pembuat Kopi Di Dukuhseti, Pati, semoga ada gunanya.

0 comments