Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Lebakbarang, Pekalongan

Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Lebakbarang, Pekalongan


Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Lebakbarang, Pekalongan - Biar makin berlimpah pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang tampaknya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, kawasan peraniannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua pernah paham kekhasan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai tatanan butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Lebakbarang, Pekalongan


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di bermacam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga kebal penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya jelas yakni taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, namun susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah memahami serta merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca artikel di halaman Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Lebakbarang, Pekalongan, semoga bermakna.

0 comments