Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Online Shop Coffee Maker Di Arjasa, Sumenep

Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Online Shop Coffee Maker Di Arjasa, Sumenep


Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Online Shop Coffee Maker Di Arjasa, Sumenep - Kendati kian ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai kelasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, meski berjenis serupa, citarasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah kalian semua telah mengerti ke-khas-an dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Online Shop Coffee Maker Di Arjasa, Sumenep


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di berbagai belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa spesial, berbeda di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khas paling gamblang yaitu tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi tulisan dalam website Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Online Shop Coffee Maker Di Arjasa, Sumenep, mudah-mudahan berguna.

0 comments