Khasiat Kopi Radix Hpai – Penjual Coffee Maker di Pontianak Timur, Pontianak

Khasiat Kopi Radix Hpai – Penjual Coffee Maker di Pontianak Timur, Pontianak


Khasiat Kopi Radix Hpai – Penjual Coffee Maker di Pontianak Timur, Pontianak - Walaupun semakin berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dimulai dari jenisnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walaupun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma dan flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa warung kopi.

Namun, apakah kalian semua sudah tahu karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki bentuk bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran nilainya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Radix Hpai – Penjual Coffee Maker di Pontianak Timur, Pontianak


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di berbagai bagian bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga kebal hama dan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya kentara yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca informasi di halaman Khasiat Kopi Radix Hpai – Penjual Coffee Maker di Pontianak Timur, Pontianak, semoga ada manfaatnya.

0 comments