Macam Kopi Nusantara – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Ayah, Kebumen

Macam Kopi Nusantara – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Ayah, Kebumen


Macam Kopi Nusantara – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Ayah, Kebumen - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai tipenya, tempat penanamannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, walaupun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja contohnya, mempunyai aroma dan flavour yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua telah paham kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai tatanan butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Nusantara – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Ayah, Kebumen


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di bermacam bagian bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta tahan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan setidaknya gamblang adalah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di suhu rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah memahami dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi tulisan dalam blog Macam Kopi Nusantara – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Ayah, Kebumen, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments