Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Online Shop Coffee Maker Di Kapasari

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Online Shop Coffee Maker Di Kapasari


Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Online Shop Coffee Maker Di Kapasari - Meski makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, namun gak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, kawasan penanamannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di tanah air serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah anda semua telah paham karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang struktur butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Online Shop Coffee Maker Di Kapasari


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di berbagai belahan dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan penyakit.

Adapun keistimewaan paling gamblang yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian ramai kedai kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi tulisan dalam web Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Online Shop Coffee Maker Di Kapasari, moga-moga berpengaruh.

0 comments