Macam Rasa Kopi Gayo – Onlineshop Pembuat Kopi Di Kebumen

Macam Rasa Kopi Gayo – Onlineshop Pembuat Kopi Di Kebumen


Macam Rasa Kopi Gayo – Onlineshop Pembuat Kopi Di Kebumen - Kendati makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai kelasnya, daerah perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang berlainan.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa warung kopi.

Namun, apakah anda semua pernah paham keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai rupa batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran nilainya pun lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam Rasa Kopi Gayo – Onlineshop Pembuat Kopi Di Kebumen


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di beragam belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa khas, berlainan di setiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan penyakit & hama.

Adapun keunikan setidaknya kentara ialah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengenal dan merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak Coffee shop yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca tulisan dalam blog Macam Rasa Kopi Gayo – Onlineshop Pembuat Kopi Di Kebumen, semoga ada gunanya.

0 comments