Jenis Kopi Robusta Terbaik – Toko Mesin Coffee Maker Di Seruyan Hilir Timur, Seruyan

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Toko Mesin Coffee Maker Di Seruyan Hilir Timur, Seruyan


Jenis Kopi Robusta Terbaik – Toko Mesin Coffee Maker Di Seruyan Hilir Timur, Seruyan - Meski makin ramai penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, tempat perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walaupun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah anda semua sudah tahu ke-khas-an dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai bentuk biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Toko Mesin Coffee Maker Di Seruyan Hilir Timur, Seruyan


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di bermacam belahan dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena menyandang cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya jelas yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca informasi dalam blog Jenis Kopi Robusta Terbaik – Toko Mesin Coffee Maker Di Seruyan Hilir Timur, Seruyan, semoga bermakna.

0 comments