Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Toko Coffee Maker Di Buana Pemaca, OKU Selatan

Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Toko Coffee Maker Di Buana Pemaca, OKU Selatan


Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Toko Coffee Maker Di Buana Pemaca, OKU Selatan - Meski semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tapi gak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dari kelasnya, daerah penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, biar pun berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah anda semua pernah tahu karakteristik dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang tatanan butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Toko Coffee Maker Di Buana Pemaca, OKU Selatan


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di bermacam belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di setiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya jelas yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak kedai kopi yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi artikel di web Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Toko Coffee Maker Di Buana Pemaca, OKU Selatan, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments