Jenis Kopi Yang Digunakan Kapal Api – Toko Coffee Maker Di Kras, Kediri

Jenis Kopi Yang Digunakan Kapal Api – Toko Coffee Maker Di Kras, Kediri



Jenis Kopi Yang Digunakan Kapal Api – Toko Coffee Maker Di Kras, Kediri - Walaupun semakin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih gak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai kelasnya, area penanamannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walaupun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua sudah mengetahui keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai rupa batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran nilainya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Digunakan Kapal Api – Toko Coffee Maker Di Kras, Kediri


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di berbagai belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang khas, berbeda di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan paling gamblang yaitu tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi tulisan dalam blog Jenis Kopi Yang Digunakan Kapal Api – Toko Coffee Maker Di Kras, Kediri, semoga berpengaruh.

0 comments