Cara Meracik Kopi Enak – Kios Coffee Maker di Prambon, Nganjuk

Cara Meracik Kopi Enak – Kios Coffee Maker di Prambon, Nganjuk


Cara Meracik Kopi Enak – Kios Coffee Maker di Prambon, Nganjuk - Meski semakin banyak pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, mulai dari kelasnya, lokasi ditanamna, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah anda semua pernah paham ke-khas-an dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai tatanan butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran harganya pun lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Enak – Kios Coffee Maker di Prambon, Nganjuk


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di berbagai belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa spesial, berbeda di setiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling eksplisit ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi risalah dalam halaman Cara Meracik Kopi Enak – Kios Coffee Maker di Prambon, Nganjuk, moga-moga bermanfaat.

0 comments