Membuat Kopi Kapal Api – Onlineshop Coffee Maker di Garut Kota, Garut

Membuat Kopi Kapal Api – Onlineshop Coffee Maker di Garut Kota, Garut


Membuat Kopi Kapal Api – Onlineshop Coffee Maker di Garut Kota, Garut - Meski semakin ramai pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, lokasi penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, walaupun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma serta citarasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah mengetahui ke-khas-an dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki tatanan biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Membuat Kopi Kapal Api – Onlineshop Coffee Maker di Garut Kota, Garut


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun kini di bermacam belahan dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus paling gamblang adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca artikel dalam halaman Membuat Kopi Kapal Api – Onlineshop Coffee Maker di Garut Kota, Garut, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments