Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Coffee Maker Di Tewang Sangalang Garing, Katingan

Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Coffee Maker Di Tewang Sangalang Garing, Katingan


Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Coffee Maker Di Tewang Sangalang Garing, Katingan - Meski kian ramai penikmat kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, tempat ditanamna, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski pun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma dan cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah tahu ke-khas-an dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki rupa bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Coffee Maker Di Tewang Sangalang Garing, Katingan


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di beragam belahan dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal hama & penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya kentara adalah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi tulisan di website Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Coffee Maker Di Tewang Sangalang Garing, Katingan, semoga ada manfaatnya.

0 comments