Resep Membuat Kopi Tubruk – Toko Coffee Maker di Tulang Bawang Tengah

Resep Membuat Kopi Tubruk – Toko Coffee Maker di Tulang Bawang Tengah



Resep Membuat Kopi Tubruk – Toko Coffee Maker di Tulang Bawang Tengah - Meski semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang nyatanya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dari jenisnya, lokasi ditanamna, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, meski pun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah mengetahui karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai tatanan biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Resep Membuat Kopi Tubruk – Toko Coffee Maker di Tulang Bawang Tengah


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di beragam bagian bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa spesial, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga tahan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya eksplisit adalah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin ramai Coffee shop yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca informasi di blog Resep Membuat Kopi Tubruk – Toko Coffee Maker di Tulang Bawang Tengah, moga-moga bermanfaat.

0 comments