Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Kios Pembuat Kopi di Muara Tiga, Pidie

Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Kios Pembuat Kopi di Muara Tiga, Pidie



Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Kios Pembuat Kopi di Muara Tiga, Pidie - Biar kian ramai penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dimulai dari kelasnya, lokasi peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walaupun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah mengerti karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang bentuk biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Kios Pembuat Kopi di Muara Tiga, Pidie


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di bermacam belahan bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal hama.

Adapun keistimewaan paling jelas adalah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kafe yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi risalah di halaman Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Kios Pembuat Kopi di Muara Tiga, Pidie, moga-moga berguna.

0 comments