Meracik Kopi Susu – Online Shop Coffee Maker di Semarang Barat, Semarang

Meracik Kopi Susu – Online Shop Coffee Maker di Semarang Barat, Semarang



Meracik Kopi Susu – Online Shop Coffee Maker di Semarang Barat, Semarang - Meski kian ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, mulai dari tipenya, tempat perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma serta citarasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah anda semua pernah paham keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki rupa biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit namun menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran mutunya juga lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara adalah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Susu – Online Shop Coffee Maker di Semarang Barat, Semarang


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di beragam belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal hama & penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya jelas yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak Coffee shop yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca risalah di website Meracik Kopi Susu – Online Shop Coffee Maker di Semarang Barat, Semarang, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments