Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Toko Online Coffee Maker di Lotu, Nias Utara

Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Toko Online Coffee Maker di Lotu, Nias Utara


Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Toko Online Coffee Maker di Lotu, Nias Utara - Kendati kian ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, namun tidak sedikit pula yang ternyata masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, mulai dari kelasnya, kawasan peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah paham kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai struktur batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran mutunya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Toko Online Coffee Maker di Lotu, Nias Utara


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di beragam belahan dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena memiliki cita rasa spesial, berbeda di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khas paling kentara yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyediakan beragam variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi informasi dalam website Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Toko Online Coffee Maker di Lotu, Nias Utara, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments