Khasiat Kopi Untuk Kecantikan Wanita – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Kualuh Leidong, Labuhanbatu Utara

Khasiat Kopi Untuk Kecantikan Wanita – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Kualuh Leidong, Labuhanbatu Utara



Khasiat Kopi Untuk Kecantikan Wanita – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Kualuh Leidong, Labuhanbatu Utara - Meski kian ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai dari tipenya, area ditanamna, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo dan Toraja umpamanya, menyandang aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah anda semua telah paham keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki struktur bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Untuk Kecantikan Wanita – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Kualuh Leidong, Labuhanbatu Utara


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam bagian dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan tahan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya gamblang yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah memahami dan merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi risalah di blog Khasiat Kopi Untuk Kecantikan Wanita – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Kualuh Leidong, Labuhanbatu Utara, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments