Manfaat Kopi Bagi Kesehatan – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Gunungsitoli Barat, Gunungsitoli

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Gunungsitoli Barat, Gunungsitoli



Manfaat Kopi Bagi Kesehatan – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Gunungsitoli Barat, Gunungsitoli - Biar makin banyak penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai varietasnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, kendati berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah tahu keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai wujud bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit namun mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran mutunya juga lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Gunungsitoli Barat, Gunungsitoli


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di beragam bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa khas, berlainan di tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta kebal penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling jelas yakni peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengenal serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca informasi dalam website Manfaat Kopi Bagi Kesehatan – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Gunungsitoli Barat, Gunungsitoli, moga-moga berpengaruh.

0 comments