Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Jual Mesin Coffee Maker Di Pegasing, Aceh Tengah

Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Jual Mesin Coffee Maker Di Pegasing, Aceh Tengah


Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Jual Mesin Coffee Maker Di Pegasing, Aceh Tengah - Kendati makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, mulai kelasnya, tempat penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, meski dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah mengetahui keistimewaan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki rupa biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran mutunya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Jual Mesin Coffee Maker Di Pegasing, Aceh Tengah


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun kini di berbagai belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta resistan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas paling eksplisit ialah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah memahami serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi tulisan di blog Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Jual Mesin Coffee Maker Di Pegasing, Aceh Tengah, mudah-mudahan bermakna.

0 comments