Jenis Kopi Di Bali – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Sungai Melayu Rayak, Ketapang

Jenis Kopi Di Bali – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Sungai Melayu Rayak, Ketapang


Jenis Kopi Di Bali – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Sungai Melayu Rayak, Ketapang - Biar semakin berlimpah penikmat kopi yang mengenali beragam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, daerah ditanamna, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah kalian semua telah mengetahui keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai tatanan batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak muncul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Di Bali – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Sungai Melayu Rayak, Ketapang


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di beragam belahan dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta tahan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling kentara yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, namun susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengenal dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi artikel dalam web Jenis Kopi Di Bali – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Sungai Melayu Rayak, Ketapang, mudah-mudahan bermakna.

0 comments