Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Jual Coffee Maker Di Arut Selatan, Kotawaringin Barat

Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Jual Coffee Maker Di Arut Selatan, Kotawaringin Barat


Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Jual Coffee Maker Di Arut Selatan, Kotawaringin Barat - Kendati makin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, dimulai dari tipenya, lokasi penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah mengerti karakter dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai bentuk batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Jual Coffee Maker Di Arut Selatan, Kotawaringin Barat


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di beragam belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga kebal penyakit.

Adapun ciri khusus paling gamblang adalah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi artikel di blog Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Jual Coffee Maker Di Arut Selatan, Kotawaringin Barat, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments